Kamis, 20 Januari 2011

Cara berternak Parkit

Burung parkit merupakan salah satu spesies burung yang mudah beradaptasi, dengan kemampuannya itu maka burung ini bisa tersebar keseluruh belahan dunia. Berung yang mempunyai berbagai macam warna ini banyak diternakan oleh masyarakat. Burung ini pernah menjadi tren diawal tahun 2000, waktu itu banyak sekali masyarakat yang menangkarkannya karena proses penangkarannya yang relatif lebih mudah bila dibandingkan dengan jenis burung lainnya.
Burung ini biasa di tangkarkan dengan berkoloni yaitu dengan kandang ukuran besar dengan populasi puluhan ekor parkit dan sistem litter yaitu dengan kandang kecil yang berisi 1-3 pasang parkit. Kedua sistem ini ada kekurangan dan ada kelebihan masing-masing,. Pada sistem Koloni kelebihannya adalah dalam segi biaya, dengan model kurungan besar maka biaya yang di keluarkan lebih kecil, dari segi perawatan lebih efektif karena waktu penggantian pakan dan minuman cukup sekali sudah mencakup semua burung yang berada dalam sangkar. Sedangkan kelemahannya adalah kurangnya kontrol genetik, dengan banyaknya populasi perkawinan burung yang sedarah tidak dapat di kontrol sehingga menghasilkan keturunan yang kwalitasnya kurang baik, Kesehatan burung jg kurang bisa di kontrol sehingga pada waktu salahsatu burung terkena penyakit penularannya sangat cepat.Pada sistem litter kelebihannya adalah genetik burung dapat dikontrol dan memungkinkan untuk mendapatkan anakan yang punya kwalitas serta warna yang bagus, kesehatan burung lebih mudah di kontrol. Kekurangan sistem litter ini adalah dalam hal biaya, sistem ini memerlukan kandang yang banyak sehingga biaya yang diperlukan cukup besar.
* Hal yang harus diperhatikan dalam beternak Parkit
1. Pemilihan Bibit : Pilihlah bibit yang mimiliki gen yang bagus dan sehat. sehat ditandai dengan bulunya yang rapi dan kloakanya tidak ada kotoran yang menempel. biasanya kalau ada kotoran yang menempel dikloaka parkit menandaka burung itu sedang sakit.
2. Kondisi Kandang : Hindari kandang yang mempunyai kelembaban yang cukup tinggi karena burung parkit akan mudah terserang mencret dalam kondisi lingkungan yang lembab. sinar matahari harus selalu ada agar burung tetap sehat tapi jangan terlalu panas.
3. Makanan harus mempunyai kwalitas yang baik, kandungan gizi yang seimbang
4. Perawatan, Perawatan yang rutin adalan membersihkan kandang, karena kandang yang kurang bersih berakibat pada kesehatan burung yang akan menurun.
Setelah kurang lebih 3 bulan burung parkit akan mulai bertelur dan satu bulan kemudian kita dapat menikmati hasilnya...selamat mencoba

1 komentar:

  1. Update lg gan info parkitnya... thx. ane pengen belajar

    BalasHapus